Minggu, 07 September 2014

Bekal Makan Siang Anak yang Sehat dan Menyenangkan

Bekal Makan Siang Anak yang Sehat dan Menyenangkan 
 Salah satu rahasia untuk membantu anak-anak kita tetap sehat dan berat badannya tidak naik ternyata adalah mengemas bekal makanan yang sehat dengan cara yang menyenangkan (fun).

Berikut adalah tip dari DR. William Gillespie, dokter anak dan kepala kesehatan di Emblem Health di New York City.

1. Beri pilihan pada anak

Jika mereka boleh memutuskan makanan yang mereka inginkan untuk makan siang, mereka cenderung untuk memakannya. Pastikan pilihan mereka adalah makanan yang menyehatkan seperti apel, pisang, wortel, atau seledri.

2. Tambahkan keju

Ini akan membuat sayuran lebih menyenangkan bagi anak-anak. Keju cair dan bubuk bawang putih bisa ditambahkan untuk menambah selera makan.

3. Membuat sate mini

Daging ayam atau daging sapi serta keju rendah kalori bisa disusun untuk jadi sate mini yang menarik buat anak. Bisa ditambahkan tomat, anggur, dan anggur hijau sebagai penyeimbang daging sekaligus pemanis tampilan.

4. Berikan roti gandum.

Ini lebih baik ketimbang roti terigu putih. Roti gandum dalam bentuk irisan maupun tortilla merupakan pilihan lebih sehat. Biarkan anak anda membuat "wajah" di sandwich mereka dengan tambahan hummus, krim keju rendah kalori, dan sayuran potong.

Tampilan makanan akan membuat perbedaan yang membuat anak lebih menyukai makanan mereka, ungkap Gillespie. Anak-anak lebih cenderung untuk memakan makanan berukuran kecil dengan ukuran sekali gigit. Potonglah sandwich menjadi empat potong. Potong apel menjadi dadu atau kreasikan cangkir buah dari melon yang diisi beragam buah-buahan.

Jika makanan hangat, ungkap Gillespie, cobalah membuat makaroni dan keju dengan dilapisi pasta dipadu dengan potongan brokoli. Pastikan makan siang anak Anda mengandung sumber kalsium seperti yoghurt, smoothies, keju rendah kalori, atau susu rendah lemak. Air putih merupakan pilihan yang lebih baik ketimbang minuman manis seperti jus dan soda. Jika anak Anda menyukai sesuatu yang renyah, beri mereka keripik kentang yang dipanggang, popcorn rendah lemak atau camilan dari gandum.

Jangan lupa untuk bertanya ke pihak sekolah mengenai larangan yang tidak boleh dibawa anak ke sekolah untuk makan siang, misalnya, banyak sekolah tak mengizinkan konsumsi selai kacang.

 http://www.tempo.co/read/news/2012/09/03/174427124/Bekal-Makan-Siang-Anak-yang-Sehat-dan-Menyenangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar